October 22, 2020

Film-Film Horor Tragis Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Berbagai film bergenre horor yang diangkat berdasarkan kisah nyata biasanya menjadi medan teror berkepanjangan. Selain memiliki visual yang kelam menyeramkan, film-film ini memiliki kisah-kisah tragis yang mempresentasikan kehidupan nyata masa lampau, tentu dengan sumber kisah yang diyakini kebenarannya. Penonton akan lebih terhubung dengan sensasi rasa takut luar biasa.

Khususnya di Asia Pasifik, rumpun makhluk astral didominasi wanita yang meninggal dunia akibat kekerasan atau tewas secara tidak wajar. Arwah-arwah mereka diyakini bergentayangan dan melakukan balas dendam terhadap pelaku ketidakadilan semasa hidup.

Inilah film-film horor tragis yang diangkat dari kisah nyata.

Legenda Hantu Mae Nak

Kebayang nggak sih, kalau memiliki istri sesosok hantu? Hmm, tentu setiap hari mengalami hal aneh di luar nalar. Terdengar tak masuk akal memang. Namun, sebagian masyarakat tradisional mengenal perkawinan antara alam jin dengan manusia, termasuk legenda horor Thailand yang terinspirasi dari kisah nyata.

Mae Nak Phra Khanong atau akrab dikenal Mae Nak adalah sosok hantu wanita yang sarat akan mitos. Tercatat, sejak tahun 1958, kisah kelam seorang wanita yang meninggal karena persalinan ini diangkat ke layar lebar. Sampai kini, kisahnya terus diadaptasi menjadi beberapa buah film modern.

Untuk menghormati arwah Mae Nak, dibangunlah sebuah kuil di tepi Sungai Phra Khanong, Bangkok. Kuil inilah simbol cinta antara manusia dengan makhluk halus terukir.

Uniknya, dalam kuil terdapat televisi menyala selama 24 jam. Menurut warga lokal, TV ini menjadi hiburan Mae Nak agar tidak kesepian.

Kisah lukisan wajah Mae Nak, beberapa pakaian yang tergantung, dan sekelumit mainan anak-anak mempresentasikan nilai jiwa mae Nak diyakini sampai detik ini.

Kisah ini bermula dari kisah Nak, istri seorang lelaki dari kalangan militer bernama Mak. Sebelum ditinggal ke medan perang, mereka hidup bahagia di tepian Sungai Phra Khanong. Terlebih lagi, saat Mae Nak dikaruniai kehamilan anak pertama.

Baca Juga  6 Tokoh Kartun Ini Memiliki Kisah Tragis

Tugas berat harus dijalankan sang suami ketika harus meninggalkan istrinya bertugas. Tragisnya, Nak meninggal saat persalinan, ketika ayahnya berada di medan tempur. Tak lama, anak laki-lakiny ajuga meninggal menyusul ibunya.

Warga sekitar menjadi cemas. Menurut kepercayaan setempat, jika seorang meninggal pada saat hamil, maka arwahnya tidak akan tenang dan mengganggu warga sekitar.

Dikisahkan, dikarenakan cintanya yang begitu besar kepada sang suami, arwah Mae Nak enggan pergi dari rumah. Arwah Nak bersama anak laki-lakinya menanti sang suami hingga pulang. Kabar meninggalnya Nak diketahui oleh sang suami.

Sang suami akhirnya pulang dan menjalani hari bersama Nak layaknya manusia normal.

Selama beberapa waktu, sang suami hidup bahagia tanpa kecurigaan bahwa Nak adalah hantu. Akhirnya, sang suami mengetahui bahwa Nak sudah tiada saat bertanya kepada warga desa dan tetangga.

Konon, arwah Nak mengamuk dan meneror seantero desa karena menganggap semua orang mengusik kebahagiaannya. Seorang dukun pun menaklukkan Nak setelah tulang dahi jasad Nak dipotong dan dimasukkan ke dalam botol.

Hantu Teke Teke

Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan budaya cerita. Begitu pula dengan legenda urban yang menginspirasi film-film seram yang selalu membuat bulu kuduk merinding.

Teke Teke adalah sebuah film Jepang yang terinspirasi dari makhluk mitologi dengan nama sama, Teke Teke.

Dikisahkan, Teke Teke adalah perwujudan dari roh yang penuh dendam. Hantu remaja perempuan yang tewas karena tertabrak kereta dan membuat tubuhnya putus terbagi menjadi 2 bagian. Dijuluki Teke Teke karena konon sosok ini berjalan dengan separuh badan. Suara merangkak yang tubuhnya diseret berbunyi “teke teke”.

Kisah Teke-Teke dipercaya masih menghantui masyarakat Jepang hingga kini. Bahkan, menurut keyakinan, arwah Teke-Teke tinggal di setiap kamar mandi di Jepang dan konon meminta  kedua kakinya kembali.

Baca Juga  6 Jalur Kereta Api Terseram Di Dunia

Kejadian memilukan yang dialami Kashima Reiko menimbulkan aura dendam setelah kematiannya, terutapa kepada remaja laki-laki.

Dikisahkan, pada suatu malam, seorang anak laki-laki melihat gadis di sebuah bangunan terbengkalai. Gadis itu tersenyum sembari menopang dagu di jendela bangunan. Kejadian aneh tiba-tiba terjadi. Anak lelaki tersebut terperanjat saat melihat sang gadis melemparkan diri dari balik jendela.

Pemandangan ngeri tampak saat gadis itu hanya memiliki setengah bagian tubuh. Gadis yang ditengarai sebagai Teke Teke tersebut bergerak cepat menghampiri anak lelaki dengan kedua tangan.

Konon, tiba-tiba hantu tersebut mengeluarkan sabit dan serta merta memotong anak yang diterornya menjadi 2 bagian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *