October 22, 2020
Fakta Unik Boyband K-Pop EXO

Fakta Unik Boyband K-Pop EXO

Untuk para pecinta boyband K-pop, pastinya sudah tahu kalo EXO adalah salah satu boyband yang paling terkenal saat ini. Saking terkenalnya, boyband naungan SM Entertainment ini juga mampu mencuri hati non K-popers dari seluruh dunia. Wajar saja, mengingat bila para idol tampan ini sangat terkenal. Selain karena debut dibawah naungan agensi yang besar di Korea, EXO juga memiliki talenta dan keunikan tersendiri. Penasaran dengan talenta dan keunikan yang dimiliki oleh EXO, yuk langsung saja kita simak informasinya.

Asal-usul nama EXO

Asal-usul nama EXO

Arti nama EXO adalah outsider. EXO sejak awal memiliki konsep superpower yang berasal dari planet lain, namanya Exo Planet. Jadi, nama EXO diambil dari nama Exo Planet atau planet ekstrasurya, yaitu planet-planet di luar sistem tata surya. Hal tersebut konon juga dikaitkan dengan member EXO yang diceritakan bukan berasal dari bumi, melainkan dari luar bumi yaitu Exo Planet. Makanya, diartikan outsider.

Sebelum nama fans club resmi diumumkan oleh SM Entertainment, fans EXO menyebut diri mereka sebagai Exotic. Namun, para fans sempat kecewa setelah nama fans club yang resmi diumumkan, yaitu EXO-L.

EXO-L juga punya arti sendiri. L adalah huruf diantara K dan M, yang berarti fans berada di dalam EXO-K dan EXO-M. Selain itu, L juga merupakan inisial dari Love sehingga EXO mengartikannya sebagai dukungan cinta terbaik dari fans.

Member berasal dari dua negara

Member berasal dari dua negara

Sejak didirikan di show pada tahun 2011, boyband K-Pop EXO berisi 12 member tampan yang berasal dari Korea Selatan dan Tiongkok. Member yang berasal dari Korea adalah Suho, Baek Hyun, Chan-yeol, D.O., Kai, Se-hun, Xiumin, dan Chen. Sedangkan member yang berasal dari Tiongkok adalah Kris, Lu Han, Lay, dan Tao.

Baca Juga  5 Pengasuh Anak Selebriti Hollywood Dengan Gaji Fantastis

Boyband dalam naungan SM Entertainment ini terbagi dalam 2 kelompok member, yakni EXO-K yang membawakan lagu-lagu Korea dan EXO-M yang membawakan lagu=lagu Mandarin. Untuk EXO-K, terdiri dari Suho, Baek Hyun, Chan-yeol, D.O., Kai, dan Se-hun. Sedangkan EXO-M terdiri Kris, Xiumin, Lu Han, Lay, Chen, dan Tao.

Kedua kelompok ini akan mempromosikan lagu-lagu mereka pada saat yang bersamaan, masing-masing di Korea dan Tiongkok.

Namun, kini member EXO hanya tinggal 9 orang, setelah Kris, Lu Han, dan Tao, memutuskan hengkang dari grup yang membesarkan namanya tersebut pada tahun 2014 dan 2015. Tak jarang juga EXO terlihat tampil degan 8 member karena Lay diarahkan agensi untuk berkarir solo di negara asalnya.

Catatan Rekor EXO

Catatan Rekor EXO

Di awal kemunculannya, EXO sempat memecahkan beberapa catatan rekor, yaitu menjadi boyband termuda yang berhasil meraih penghargaan Album of the Year dalam Mnet Asian Music Awards dan artis K-Pop dengan penjualan album.

EXO sendiri juga dikenal sebagai Daesang machine atau penghargaan tertinggi ajang penghargaan musik Korea, berkat 5 Daesang yang diperoleh sejak tahun 2013.

Tak hanya itu, mereka juga sudah memecahkan rekor penjualan album fisik terbanyak selama 4 tahun terakhir sejak debutnya di tahun 2012. Album studio pertama mereka XOXO, sukses menjadi album artis Korea pertama yang sukses terjual 1 juta kopi selama 12 tahun terakhir. Album kedua dan ketiga mereka Exodus dan Ex’Act juga terjual lebih dari 1 juta kopi.

Hingga saat ini, lebih dari 80 penghargaan telah diraih EXO.

Pada Desember 2012, EXO-K juga diangkat menjadi duta besar goodwill untuk Palang Merah Muda Korea Selatan.

Memiliki video teaser terbanyak

Memiliki video teaser terbanyak

Jika biasanya sebuah grup hanya memiliki satu hingga tiga teaser saja. Namun, saat EXO akan debut, mereka mengeluarkan video teaser hingga 23 video.

Baca Juga  Penyakit-Penyakit Mematikan Yang Menyerang Selebriti

Setiap video teasernya itu memperkenalkan anggota-anggota EXO beserta lagu di album pertamanya. Lalu, konsep dari video teasernya ini selalu menampilkan kekuatan super dari setiap anggota EXO. Selain itu, di setiap videonya juga ditampilkan talenta dari setiap anggotanya.

Misalnya, pada saat video teaser 3 Tao, menampilkan Tao yang sedang menampilkan atraksi Wushu yang memang menunjukkan bahwa Tao punya talenta dalam bidang martial art.

Yang menariknya lagi, Kai menjadi yang paling disorot sebab hampir semua video teaser yang ada pasti menampilkan Kai. Sehingga pada saat itu, Kai dinobatkan sebagai Teaser King.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *