October 22, 2020
Fakta Drama Korea Yang Jarang Terungkap

Fakta Drama Korea Yang Jarang Terungkap

Siapa di antara Anda yang suka mengikuti drama Korea? Drama Korea memang merupakan tayangan yang banyak diminati orang. Selain karena totalitas akting para pemainnya yang natural, drama Korea juga menyuguhkan alur cerita yang sangat menarik untuk diikuti. Tak melulu adegan romantis, kisah-kisah dalam drama juga kadang dibumbui oleh misteri ataupun konflik-konfilk tak terduga yang selalu membuat penasaran para penonton.

Tak heran drama Korea pun menuai sukses. Dibalik suksesnya drama Korea, ternyata ada sisi mengejutkan! Selain biaya produksi yang fantastis, pembuatan drama yang kejar tayang juga membuat semua yang terlibat merasakan tekanan yang cukup berat. Inilah fakta drama Korea yang jarang terungkap.

Tekanan kerja yang berat

Tekanan kerja yang berat

Untuk mengejar setiap episode, kru akan membuat jadwal padat untuk para aktor maupun aktris. Saking padatnya jadwal, seringkali para pemain sulit untuk makan, minum, ataupun beristirahat. Tak jarang mereka kelelahan dan jatuh sakit.

Aktor Park Hae Jin pernah dilarikan ke UGD karena pingsan usai menjalani syuting drama “Bad Guys” pada tahun 2014 silam. Ia didiagnosa menderita edema karena kelelahan. Meski dokter meminta sang aktor untuk beristirahat selama beberapa hari, ia tetap kembali ke lokasi setelah istirahat beberapa jam.

Aktor Kim Jung Hyun juga terpaksa hengkang dari drama berjudul “Time” karena masalah kesehatan. Menurut dokter, aktor berusia 29 tahun ini harus istirahat total usai gangguan pola makan dan tidur saat menjalani aktivitas sebagai aktor.

Bahkan aktris Han Ye-seul pernah tiba-tiba meninggalkan Korea di tengah syuting drama “Spy Myung-wol”. Ia memesan tiket ke Los Angeles tanpa memberitahu siapa pun. Aktris cantik ini kemudian mengungkapkan kondisi kerja ekstrem yang melelahkan secara fisik dan mental menjadi alasan kepergiannya. Dia merasa lelah usai bekerja berjam-jam dan syuting sepanjang malam.

Baca Juga  7 Film Action Terbaik Dengan Pemeran Utama Wanita

Tekanan kerja seperti ini rupanya tak hanya menimpa aktor atau aktris saja. Beberapa waktu lalu staf drama Korea berjudul “Thirty But Seventeen” meninggal dunia di rumahnya. Diduga kru drama yang tak disebutkan namanya ini kelelahan karena terlalu keras bekerja. Ditambah dengan cuaca panas ekstrem yang sedang melanda Korea Selatan. Kabarnya, staf ini sudah bekerja selama 76 jam di luar ruangan selama 5 hari, sebelum ditemukan tak bernyawa. Meskipun pihak stasiun TV SBS kemudian memastikan bahwa kematian kru tersebut karena pengaruh penyakit dalam, Persatuan Pekerja Media Nasional Korea terus mendesak pemerintah dan perusahaan penyiaran untuk mencari solusi masalah tersebut.

Biaya produksi selangit

Biaya produksi selangit

Drama Korea memang selalu digarap dengan serius. Tak cuma hasil gambar yang bagus, drama Korea juga selalu didukung oleh properti pendukung yang tak tanggung-tanggung. Tak heran biaya yang dikeluarkan untuk menggarap satu judul drama Korea bisa mencapai ratusan miliar rupiah.

Beberapa judul drama Korea disebut-sebut sebagai salah satu drama dengan biaya produksi selangit. Diantaranya adalah “Mr. Sunshine” yang tayang di tvN. Drama yang dibintangi oleh aktor Lee Byung-hun ini menghabiskan anggaran sekitar ₩ 30 miliar atau Rp 387 miliar.

Drama Lee Min-ho dan Jun Ji-hyun, “The Legend of the Blue Sea”, juga dikabarkan menghabiskan biaya sebesar ₩ 19 miliar atau Rp 244 miliar.

Biaya selangit yang dikeluarkan untuk memproduksi drama Korea ini tentu digunakan untuk merealisasikan suasana drama sesuai dengan latar waktu dalam cerita. Tentunya dukungan wardrobe dan properti sangat penting.

Lokasi syuting drama yang dibintangi Jun Ji-hyun dan Kim Soo-hyun, “My Love from the Star”, dikabarkan menelan biaya hampir ₩ 1 miliar atau Rp 12 miliar. Lokasi rumah mewah yang dijadikan setting syuting ternyata bukan rumah sungguhan, melainkan properti yang dibuat sedemikian mewah. Barang-barang yang digunakan tak sepenuhnya berasal dari sponsor, sebagian ada yang disewa dan ada pula properti-properti yang harus dibeli.

Baca Juga  6 Tokoh Kartun Ini Memiliki Kisah Tragis

Idol dibayar lebih murah

Idol dibayar lebih murah

Namun, angka tersebut berbeda untuk para idol yang mengambil peran dalam drama. Banyak yang menduga, para idol yang terjun ke dunia seni peran mendapat bayaran yang mahal juga. Namun nyatanya mereka tak dibayar sebesar aktor atau aktris kelas A. Ada pula yang dibayar puluhan juga setiap episodenya.

Krystal Jung memiliki kepopuleran yang luar biasa sebagai idol, mendapatkan bayaran ₩ 6 juta atau sekitar Rp 70 juta per episode.

Penulisnya tak kalah tajir

Penulisnya tak kalah tajir

Penulis naskah atau skenario mempunyai peran besar di sebuah drama. Tak heran pendapatan mereka juga cukup fantastis! Sama seperti para pemerannya di dalam satu episode, penulis bisa mendapatkan ratusan juga hingga miliaran rupiah.

Contohnya saja, Kim Eun-sook, penulis drama “The Heirs”, “Goblin”, “Descendants of the Sun”, serta “Mr. Sunshine”, memperoleh bayaran satu miliar lebih untuk satu episode yang ia tulis.

Nominal serupa juga didapat oleh Park Ji-eun yang merupakan penulis drama terkenal “You Who Came from the Star”, “Legend of the Blue Sea”, dan “The Producers”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *