October 22, 2020
7 Transportasi Ala Film Science Fiction Yang Menjadi Kenyataan

7 Transportasi Ala Film Science Fiction Yang Menjadi Kenyataan

Pasti Anda pernah melihat berbagai film science fiction yang memperlihatkan kemungkinan transportasi di masa depan. Tahukah Anda bahwa teknologi ini bisa tercipta dalam waktu dekat? Bahkan, beberapa diantaranya sudah diproduksi.

Tak hanya kendaraan. Kecanggihan teknologi bahkan dapat diaplikasikan pada jalanan seperti di Smart Crosswalk London. Bukan hanya untuk keselamatan kendaraan yang melaju di atasnya, sistem sensor dan layar LED super besar dipasang untuk membuat pejalan kaki lebih nyaman dan aman.

Seiring dengan perkembangan zaman, alat transportasi juga mengalami peningkatan kualitas. Teknologi transportasi yang awalnya fiksi kini benar-benar dikembangkan. Beberapa diantaranya sudah beroperasi dengan segudang fitur canggih. Inilah transportasi impian jadi kenyataan.

7. MonoTracer, sepeda motor idaman

MonoTracer, sepeda motor idaman

Biasanya orang lebih memilih mengendarai motor untuk menghindari macet. Tapi resikonya Anda berhadapan dengan cuaca panas bahkan hujan ketika berkendara. Namun hal tersebut tak akan Anda alami jika berkendara dengan sepeda motor masa depan ini.

Peraves MonoTracer adalah sepeda motor besutan perusahaan otomotif asal Swiss. Sepeda motor ini memiliki kabin tertutup dan kursi kendaraan yang nyaman. MonoTracer bahkan disebut sebagai otomotif teraman di dunia yang sudah teruji.

Desain yang elegan serta beberapa fitur pelindung untuk kendaraan ini memungkinkan kita mampu meminimalisir cedera atau kecelakaan yang bisa timbul. Meski memiliki tampilan yang cukup besar, motor ramah lingkungan ini memiliki bobot yang ringan dan aerodinamis.

6. Bus dengan jaringan 5G

Bus dengan jaringan 5G

Pernah dengar kecanggihan jaringan 5G? Tak hanya untuk smartphone, Cina berhasil mengaplikasikan jaringan 5G ke sebuah moda transportasi, yakni autonomous bus. Baru saja diresmikan, bus dengan tenaga listrik ini tak memiliki kursi kemudi karena dapat mengemudi sendiri tanpa campur tangan manusia.

Baca Juga  7 Teknologi Anti Banjir Paling Canggih Di Dunia

Bus pintar dengan 8 kursi ini memiliki kecepatan 20 km/jam dan dapat menempuh jarak hingga 200 km.

Dengan teknologi super canggih, bus mampu mengubah jalur, menghindari rintangan, menyalip kendaraan lain, berhenti di stasiun bus, melakukan pengereman darurat, dan berkendara melalui persimpangan.

Anda bahkan bisa menikmati perjalanan menaiki bus futuristik ini sambil mengakses layanan wifi dan 5G yang tersedia. Menurut para reporter yang menjajal bus 5G, ia tak memerlukan waktu loading saat menonton video daring berkualitas tinggi.

5. Kapsul supercepat bernama Hyperloop

Kapsul supercepat bernama Hyperloop

Berpergian dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat adalah impian hampir setiap orang. Rupanya hal tersebut akan terwujud dalam waktu dekat. Moda transportasi baru dan inovatif bernama Hyperloop One, akan segera beroperasi. Hypereloop One mampu memangkas waktu perjalanan antar kota secara dinamis.

Hyperloop menggunakan levitasi magnetic untuk membuat kendaraan kereta kapsul ini mengambang di atas jalur. Tak tanggung-tanggung, kabinnya mampu meluncur jarak jauh melebihi kecepatan pesawat. Jika proyek ini rampung, maka Hyperloop One akan menjadi moda transportasi tercepat yang pernah ada.

Salah satu perusahaan pengembang metode transportasi supercepat akan mulai membangun jalur di Abu Dhabi. Dan diharapkan sudah mulai beroperasi di tahun 2020.

Bayangkan jika Hyperloop sampai ke Indonesia. Bepergian dari Jakarta – Jogja hanya menempuh waktu 25 menit. Dan Jakarta – Bandung dapat ditempuh hanya dengan 9 menit.

4. Taksi terbang

Taksi terbang

Jika berpergian lewat jalur udara biasanya kita akan memesan tiket pesawat atau bahkan menyewa jet pribadi dengan biaya yang cukup mahal. Siap-siap, sebentar lagi Anda dapat menikmati fasilitas taksi terbang.

Perusahaan startup asal Jerman baru saja meluncurkan prototype taksi terbang listrik dengan 5 tempat duduk. Hebatnya lagi, taksi terbang bernama Lilium Jet ini nantinya bisa dipesan melalui aplikasi.

Baca Juga  7 Teknologi Anti Banjir Paling Canggih Di Dunia

Proyek yang sudah berjalan sejak tahun 2015 ini mengklaim jetnya mampu melakukan perjalanan yang jauh lebih lama daripada mayoritas pesaing lainnya. Dengan tenaga listrik, Lilium Jet mampu melakukan perjalanan 300 km dalam 60 menit dengan sekali pengisian daya.

Rencananya Lilium Jet akan dikomersialisasikan dan beroperasi penuh di berbagai kota di seluruh dunia pada tahun 2025.

3. Taksi udara skyTran

Taksi udara skyTran

Berkonsep taksi udara, skyTran dikembangkan di California dan bekerjasama dengan NASA. Meski beroperasi di udara, skyTran tidak terbang, melainkan berjalan di rel sendiri 10 meter di atas permukaan tanah. Rel akan berada di bagian atas kapsul sehingga terlihat seperti mobil terbang.

Nantinya, taksi udara ini bisa diisi hingga 4 orang penumpang dan berjalan dengan kecepatan maksimal 60 mph.

Uniknya, pembuatan jalur skyTran disebut-sebut lebih mudah dan mudah dibanding membangun jalur kereta atau subway. SkyTran berbahan baja dan aluminium ini bergerak dengan kekuatan elektromagnetic. Tak perlu waktu lama, skyTran bisa dipasang dan digunakan dalam beberapa hari saja.

Selain efisiensi waktu, proyek ini dianggap lebih ramah lingkungan karena tak perlu mengubah banyak infrastruktur yang sudah ada. Sistem yang digunakan pun hanya memanfaatkan tenaga elektromagnet untuk mendorong mobil ke depan, sehingga energi sistem lebih efisien.

2. Mobil drone, Ehang 184

Mobil drone, Ehang 184

Era mobil terbang pribadi mungkin hanya tinggal beberapa tahun saja. Sebuah kendaraan yang terinspirasi dari teknologi drone sudah berhasil melakukan uji coba penerbangan. Beberapa saat lagi, drone bukan hanya kamera yang mampu terbang, melainkan bisa ditumpangi.

Ehang 184 asal Cina, mampu terbang dengan sendirinya. Penumpang hanya perlu memilih lokasi tiba melalui layar sentuh yang tersedia di dalam mobil drone.

Baca Juga  7 Teknologi Anti Banjir Paling Canggih Di Dunia

Dengan material karbon fiber dan kerangka aluminium, Ehang 184 dapat menyentuh kecepan 130 km/jam dan jarak tempuh 15 km.

Mungkin beberapa dari Anda merasa ngeri untuk menaiki mobil drone ini. Namun, menurut CEO Ehang, ia memastikan apa yang ditawarkan sudah lebih dulu mengalami pengujian dalam segala aspek. Bahkan, mobil drone ini tetap stabil meski diterpa angin kencang.

1. Mobil futuristik bernama e-Palette

Mobil futuristik bernama e-Palette

Sebuah perusahaan mobil ternama tak mau kalah menciptakan mobil masa depan. Tak tanggung-tanggung, selain desainnya yang sangat futuristik, e-Palette dikembangkan dengan teknologi mutakhir.

Bayangkan saja, sisi kabinnya dipenuhi perangkat lunak kelas atas. Baik interior maupun eksterior mobil ini sepenuhnya menggunakan perangkat listrik yang dapat di monitoring secara otomatis.

Mobil konsep berbentuk kotak ini tidak perlu memiliki ruang kokpit karena digerakkan dengan tenaga listrik, sehingga mampu beroperasi dengan sendirinya.

Pemilik e-Palette dapat menggunakan kendaraan ini untuk segala macam mobilitas sesuai keinginan. Mulai dari antar jemput, pengiriman paket, kantor berjalan, hingga inovasi food truck. Rencananya, mobil multifungsi ini mulai akan beroperasi pada tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *