October 22, 2020
7 Tragedi Pesawat Di Awal Tahun 2020

7 Tragedi Pesawat Di Awal Tahun 2020

Menurut Anda, apa angkutan transportasi paling aman? Sejauh ini, perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat disebut-sebut menjadi moda transportasi teraman di dunia. Meski begitu, dalam kenyataannya, keamanan bertransportasi menggunakan pesawat, tidak benar-benar 100% aman. Banyak faktor yang bisa membuat suatu insiden dan kecelakaan terjadi pada pesawat terbang.

Dan hanya dalam sebulan terakhir ini saja, sudah ada beberapa insiden kecelakaan pesawat terbang di berbagai negara. Inilah tragedi pesawat di awal tahun 2020.

7. Roda pesawat lepas (3 Januari 2020)

Roda pesawat lepas (3 Januari 2020)

Di awal tahun, sebuah video mengabadikan sebuah video aneh sekaligus mengerikan. Bayangkan saja, apa yang Anda lakukan jika Anda menumpang sebuah pesawat dan melihat langsung momen roda pesawat lepas?

Penumpang maskapai penerbangan Air Canada merekam momen salah satu roda pesawat terjatuh saat pesawat lepas landas. Sebelum lepas landas, kondisi mengerikan terekam jelas saat roda pesawat sedang melaju di runway. Muncul percikan api, hingga akhirnya roda terlepas saat terbang.

Sang pilot yang sedang membawa 49 penumpang dan 3 anggota awak kabin, langsung memutuskan kembali ke bandara asal, di Montreal, dan mendaratkan pesawatnya dengan aman. Tak ada satu pun yang terluka.

6. Kecelakaan pesawat militer Sri Lanka (3 Januari 2020)

Kecelakaan pesawat militer Sri Lanka (3 Januari 2020)

Sebuah pesawat milik Angkatan Udara Sri Lanka dilaporkan mengalami kecelakaan di daerah kebun teh Haputale, berjarak 200 km dari Timur Kolombo. Juru bicara militer Sri Lanka Chandana Wickramasinghe, mengatakan 4 orang kru menjadi korban tewas dalam tragedi tersebut. Pesawat buatan Cina Y-12 yang dipakai militer Sri Lanka ini lepas landas dari pangkalan udara Wirawila menuju Ratmalana, Selatan Kolombo.

Belum diketahui apa penyebab insiden tersebut. Pihak militer dan pemerintah langsung melakukan investigasi. Tercatat, kecelakaan pada awal 2020 ini adalah kecelakaan terparah setelah tragedi serupa menimpa pesawat militer AN-32 pada Desember 2014.

Baca Juga  5 Pulau Berhantu Di Dunia Yang Bikin Merinding

5. Pesawat Ukraina jatuh menewaskan 180 penumpang dan awak (8 Januari 2020)

Pesawat Ukraina jatuh menewaskan 180 penumpang dan awak (8 Januari 2020)

Rabu, 8 Januari 2020, pesawat Maskapai Internasional Ukraina, jatuh di dekat Bandara Imam Khomeini Teheran, Iran. 180 penumpang dan awak di dalam pesawat berjenis Boeing 737-800 tersebut tewas. Tragedi ini terjadi tak lama setelah tewasnya Komandan Pasukan Quds Garda Revolusi Iran, Jendral Qasem Soleimani.

Meski awalnya disebut-sebut karena kecelakaan, ternyata beberapa hari setelah insiden mematikan ini, Iran membuat pengakuan menggegerkan! Otoritas Iran akhirnya mengakui mereka tak sengaja menembak jatuh pesawat sipil tersebut.

Dalam pengakuannya, Angkatan Bersenjata Iran menjelaskan jika penembakan ini dikarenakan kesalahan manusia atau human error. Sebab, pesawat tersebut terbang dekat pusat militer sensitif garda revolusi, sehingga dianggap musuh.

Sebelum adanya pengakuan tersebut, di media sosial sempat viral rekaman video yang menunjukkan bahwa ternyata ada dua rudal menuju ke pesawat penumpang milik maskapai Ukraina itu. Serangaan rudal pertama menyebabkan matinya transponder, sebelum terjadinya serangan rudal kedua. Usai terkena rudal, pesawat terbakar dan berputar balik menuju Bandara Internasional Teheran, Iran. Namun naas, beberapa menit kemudian pesawat meledak dan jatuh.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menuntun agar otoritas Iran menghukum mereka yang bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat. Mereka juga menuntun Iran untuk membayar kompensasi atas tragedi itu.

4. Pesawat gagal mendarat akibat gerombolan belalang (9 Januari 2020)

Pesawat gagal mendarat akibat gerombolan belalang (9 Januari 2020)

Siapa sangka serangga bisa mengalahkan sebuah pesawat untuk terbang ke suatu tempat. Maskapai penerbangan Ethiopian Airlines yang seharusnya mendarat di Kota Dire Dawa, Etiopia, terpaksa harus mengalihkan penerbangannya ke Bandara Addis Ababa, Nigeria, setelah bertabrakan dengan jutaan belalang.

Awalnya pesawat melintas di antara sejumlah kecil belalang. Namun makin lama pesawat berhadapan dan menabrak koloni belalang dalam jumlah besar, hingga mengakibatkan jarak pandang dari jendela kokpit berkurang. Pilot pesawat sempat berusaha membersihkan kaca depan pesawat dengan wiper, namun tidak membuahkan hasil.

Baca Juga  7 Jembatan Penguji Adrenalin Dari Seluruh Dunia

Parahnya, gerombolan belalang juga mulai memasuki mesin pesawat dan bangkai belalang memenuhi bagian hidung pesawat. Oleh karena itulah pendaratan darurat pun harus dilakukan agar terhindar dari kecelakaan yang lebih parah.

3. Bahan bakar pesawat melukai 17 siswa Sekolah Dasar (14 Januari 2020)

Bahan bakar pesawat melukai 17 siswa Sekolah Dasar (14 Januari 2020)

Sebuah pesawat milik Delta Airlines dengan nomor penerbangan 89, terpaksa putar balik ke bandara asal setelah jet di mesin pesawat rusak.

Namun, karena diharuskan melakukan pendaratan darurat, pesawat terpaksa membuang bahan bakarnya di area umum. Ironisnya, bahan bakar tersebut justru jatuh ke area taman bermain di sebuah Sekolah Dasar, sekitar 25 km dari Bandara Los Angeles.

Tragedi ini menyebabkan 20 siswa dan belasan orang dewasa terluka, seperti iritasi kulit atau masalah pernapasan ringan. Atas kejadian itu, maskapai penerbangan Delta meminta maaf dan menyatakan hal ini merupakan prosedur untuk pendaratan darurat.

2. Pesawat jatuh di California, 4 orang tewas

Pesawat jatuh di California, 4 orang tewas

Pekan lalu, 4 orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat kecil di Amerika Serikat. Menurut saksi mata, pesawat bermesin tunggal itu gagal terbang setelah lepas landas di Kota Corona, California. Akibatnya, pesawat menabrak pagar dan penghalang sebelah timur bandara. Pesawat terbalik dan terbakar, hingga menyebabkan kebakaran cukup besar.

Beberapa orang di bandara mengatakan penyebab kecelakaan adalah pilot yang salah perhitungan terkait jarak dan melaju terlalu cepat di landasan pacu. Karena itulah badan pesawat tersangkut di pagar pembatas bandara.

1. Pesawat pemadam kebakaran hutan jatuh di Australia (23 Januari 2020)

Pesawat pemadam kebakaran hutan jatuh di Australia (23 Januari 2020)

Tebalnya asap di sebagian besar wilayah di Australia akibat kebakaran hutan menyebabkan aktivitas penerbangan banyak terganggu. Pesawat Hercules C-130 mengangkut air untuk memadamkan kebakaran hutan di Australia.

Baca Juga  7 Boneka Yang Bernyawa Di Dunia

Namun naas, misi mulia pesawat dalam usahanya memadamkan api harus berakhir tragis karena mengalami kecelakaan dan jatuh di New South Wales, Australia. Sedikitnya 3 orang Amerika Serikat yang bertugas sebagai pemadam kebakaran di dalam pesawat tewas.

Penyebab kecelakaan belum diketahui pasti. Dari rumor yang beredar, faktor alam, asap, dan kelelahan menjadi dugaan kuat penyebab kecelakaan. Tragedi ini semakin menambah jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan yang sebelumnya telah berjumlah 29 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *