October 30, 2020
7 Tempat Yang Menjadi Inspirasi Film Frozen

7 Tempat Yang Menjadi Inspirasi Film Frozen

Pada tanggal 20 November 2019 lalu, film Frozen 2 tayang di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia. Film ini merupakan kisah lanjutan dari film Frozen yang dirilis pada tahun 2013 lalu oleh Disney. Frozen 2 mengajak kita untuk kembali berpetualang bersama Elsa, Anna, Kristoff, Sven, dan Olaf si manusia salju yang lucu. Selain itu, ada tambahan tokoh-tokoh baru lainnya, yang pastinya membuat Frozen 2 menjadi semakin seru.

Layaknya film animasi yang menjual mimpi nan realistis, di Film Frozen ini ada beberapa tempat yang ternyata mirip dengan tempat-tempat indah di dunia nyata. Bahkan, di beberapa lokasi dan bangunan diantaranya merupakan sumber inspirasi dari creator Frozen. Dimana saja letak tempat-tempat tersebut? Inilah 7 tempat yang menjadi inspirasi film Frozen.

7. Kastil es Frozen dari Hotel de Glace, Kanada

Kastil es Frozen dari Hotel de Glace, Kanada

Anda pasti ingat adegan dimana Elsa pergi seorang diri dan membangun sebuah kastil es. Nah, Anda juga bisa menemui pemandangan serupa dengan kastil es tersebut di Hotel de Glace yang terletak di Quebec, Kanada.

Meski tak 100% mirip, namun sang sutradara yaitu Chris Buck dan Jennifer Lee, mengaku bahwa kastil Elsa terinspirasi dari hotel de Glace.

Sejak dibuka tahun 2001 silam, hotel de Glace sudah berhasil menarik perhatian pengunjung dari seluruh dunia. Meski bentuk dan interior bangunan hotel ini terbuat dari salju dan es, hotel ini juga menyediakan beragam fasilitas layaknya hotel pada umumnya. Selain kamar juga ada cafe, tempat karaoke, bar, meeting room, dan ballroom. Setiap ruangan punya pahatan es cantik yang akan membuat setiap orang takjub. Karena hotel ini seluruhnya terbuat dari es dan salju, maka baru dapat digunakan setiap musim dingin tiba atau sekitar bulan Januari hingga Maret.

Baca Juga  Film-Film Horor Tragis Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Suksesnya film Frozen yang pertama membuat hotel ini membuka suite baru dengan tema Frozen pada tahun 2014 silam. Suite ini didesain mirip dengan kamar tidur Elsa dan Anna. Bahkan, sang sutradara dan beberapa kru film akhirnya berkunjung ke hotel de Glace.

6. Arendelle di film Frozen terinspirasi dari 2 kota berbeda

Arendelle di film Frozen terinspirasi dari 2 kota berbeda

Arendelle merupakan nama sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Elsa dan juga Anna. Di Norwegia Selatan ada sebuah kota bernama Arendal, yang seringkali dikaitkan dengan Arendelle. Arendal terletak di barat daya ibukota Norwegia, Oslo. Perkapalan, perdagangan kayu, serta pertambangan dan besi adalah cabang industri yang penting di daerah ini selama berabad-abad. Pada 1880, Arendal adalah pelabuhan terbesar di negara Norwegia. Kota Arendelle di Frozen juga digambarkan dengan hal sama, yakni kota pelabuhan yang tersohor.

Selain Arendal, kota Bergen juga menjadi salah satu inspirasi Arendelle. Bergen merupakan kota pesisiran tenang dan damai yang dikelilingi hutan serta gunung. Suasana wilayah Bergen identik dengan rumah warna-warni, juga menjadi sumber inspirasi bagi creator film Frozen. Wilayah Bergen ini adalah pusat perdagangan dengan bangunan yang sudah ada sejak periode Hanseatic sekitar tahun 1300an. Sampai sekarang, tempat ini masih digunakan untuk pertokoan, kantor, dan restoran.

5. Film Frozen kental dengan budaya Norwegia

Film Frozen kental dengan budaya Norwegia

Film Frozen sendiri memiliki akar cerita dari dongeng Ratu Salju karya Hans Christian Anderson. Penulis asal Denmark ini memang menggunakan Norwegia sebagai inspirasi ceritanya. Film ini juga sangat memperhatikan detail dengan menempatkan rosemaling, yaitu lukisan dekoratif pada bangunan, sofa, alat makan, hingga pakaian. Rosemaling adalah kesenian dari Suku Sami, penduduk asli Finno-Ugrik yang tinggal di wilayah Sápmi, Arktik. Sekarang, wilayah itu mencakup Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Semenanjung Kola di Rusia. Rosemaling ini biasanya ditemukan pada pakaian Suku Sami.

Baca Juga  5 Tokoh Jahat Yang Paling Cantik Di Film

Meski tak dikonfirmasi langsung oleh art director Frozen, fans percaya bahwa karakter Kristoff merupakan representasi dari suku ini. Kristoff tergambarkan sebagai seorang laki-laki muda pengembala rusa dengan rambung pirang dan kulit putih. Ciri-ciri ini identik dengan Suku Sami. Kesamaan juga terlihat dari profesi sebagai pengembala rusa, serta bentuk pakaian.

4. Røros, kota tambang inspirasi negeri salju

Røros, kota tambang inspirasi negeri salju

Sebagian besar latar di film Frozen merupakan negeri yang tertutup salju dengan dominan warna putih bersih. Ternyata, latar negeri salju ini bisa Anda jumpai di dunia nyata. Penata artis film Frozen, yaitu Mike Giaimo, mengungkapkan bahwa negeri tertutup salju pada adegan Elsa kabur dari Arendelle, terinspirasi dari sebuah tempat di Norwegia bernama Røros. Røros adalah kota tambang yang kini berpaling ke bisnis pariwisata. Pada abad ke-17, Røros dikenal sebagai penghasil tembaga.

Setelah masa kejayaannya berakhir, tempat ini dinobatkan sebagai situs warisan dunia, sekaligus destinasi wisata sejarah. Di pusat kota, kita bisa menyaksikan sekitar 2.000 rumah kayu berusia ratusan tahun peninggalan kaum penambang.

3. Pantai pasir hitam Frozen ternyata Pantai Reynisfjara

Pantai pasir hitam Frozen ternyata Pantai Reynisfjara

Dalam Frozen 2, ada scene dimana Elsa berlari menuju pantai pasir hitam. Adegan ini pun terlihat jelas di trailernya. Kala itu Elsa menaklukkan lautan demi sebuah misi untuk menemukan sungai misterius yang pernah dikisahkan sang ibu.

Jika diperhatikan, pantai ini sangat mirip dengan Pantai Reynisfjara, yang juga memiliki pasir berwarna hitam legam. Suasananya pun hampir serupa. Terletak di pantai selatan di Selandia, Reynisfjara terpilih sebagai salah satu pantai paling indah di dunia. Tak hanya berpasir hitam, pantai ini kian memukau dengan dikelilingi batu basal dan kabut yang terkadang menyelimuti.

Baca Juga  Fakta Drama Korea Yang Jarang Terungkap

2. Ngarai indah film Frozen ada di Islandia

Ngarai indah film Frozen ada di Islandia

Dalam satu adegan, terlihat Anna dan Olaf terpisah dari Elsa dan harus mengarungi sebuah ngarai dengan perahu kayu. Pemandangan di kanan kiri ngarai tersebut mirip dengan Canyon Fjaðrárgljúfur yang terletak di Islandia Selatan. Tempat ini berlokasi sekitar 70 km di ibukota Islandia, Reykjavík. Fjaðrárgljúfur Canyon memang punya pesona tersendiri. Tempat ini ditanami rerumputan hijau dan sebuah air terjun cantik.

Namun sayang, satu ngarai terindah di Islandia ini harus ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan, setelah mengalami kerusakan vegetasi. Vegetasi di sekitar ngarai rusak setelah terinjak-injak akibat meledaknya jumlah kunjungan wisatawan, setelah Justin Bieber membuat video clip musiknya yang berjudul ‘I’ll Show You’.

1. Kastil Arendelle berasal dari Akershus Fortress

Kastil Arendelle berasal dari Akershus Fortress

Kastil Arendelle menjadi satu ikon dalam Frozen sebagai tempat tinggal Elsa dan Anna. Ternyata desain kastil Arendelle ini terinspirasi dari Akershus Fortress yang berada di Oslo, Norwegia. Baik bagian dalam maupun luarnya, kastil Arendelle cukup mirip dengan Akershus Fortress, yaitu bangunan dengan pola bata pada dinding kastilnya.

Benteng ini dibangun tahun 1299. Letaknya sangat strategis, berhadapan dengan laut. Selama abad pertengahan, benteng ini menjadi tempat berlindung yang aman bagi Raja Norwegia dari serangan negara tetangganya, Swedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *