December 5, 2020
7 Perairan Paling Mematikan Di Dunia

7 Perairan Paling Mematikan Di Dunia

Lebih dari 70% permukaan bumi ditutupi air. Wisata air dibumi selalu terlihat cantik dan menarik. Tapi ternyata, Anda perlu waspada. Karena selain Segitiga Bermuda, ada beberapa perairan di bumi yang juga mematikan. Dimana saja perairan paling mematikan di dunia yang telah merenggut banyak korban? Inilah 7 perairan paling mematikan di dunia.

7. Lake Natron, Tanzania

Lake Natron, Tanzania

Di kawasan Afrika, tepatnya di utara Tanzania, ada sebuah danau yang terkenal begitu mematikan. Danau Natron, danau alkali dangkal dengan kedalaman kurang dari 3 meter ini adalah kuburan bagi ribuan burung dan hewan kecil. Bahkan bagi burung flamingo, yang biasa berkembang biak di tempat ini pun bisa terancam jika tidak berhati-hati.

Danau Natron begitu berbahaya karena merupakan danau garam tak biasa dengan kandungan senyawanya sama yang terkandung dalam abu vulkanik. Airnya sangat berbahaya dengan pH sampai 10,5, sampai-sampai bisa membakar kulit dan mata hewan yang tidak bisa beradaptasi. Ditambah lagi dengan suhu airnya yang bisa mencapai 60 °C. Tidak main-main, kandungan mineral dalam airnya mempunyai fungsi sebagai pengawet bangkai hewan malang yang tercebur lalu mati, membuat mereka seakan dicelupkan dalam adonan semen.

Tapi ternyata, ada hewan yang bisa bertahan di tempat ini. Spesies hewan itu adalah alkaline tilapia, sejenis dengan ikan nila.

6. Drake Passage, Amerika

Drake Passage, Amerika

Selat Drake di Amerika tepatnya di Tanjung Horn, dan Kepulauan Shetland Selatan di Antartika, merupakan perairan berjuluk ‘pemakaman kapal’. Banyak kapal karam di perairan ini akibat banyaknya gunung es, kecepatan angin yang mencapai 128 km/jam, dan arus yang begitu kuat. Meski terlihat menakutkan, masih ada saja kapal yang berani untuk melewati selat berbahaya ini.

Baca Juga  5 Pulau Berhantu Di Dunia Yang Bikin Merinding

5. Danau Horseshoe, California, Amerika

Danau Horseshoe, California, Amerika

Memiliki pemandangan yang begitu cantik, siapa sangka Danau Horseshoe adalah danau berbahaya. Terletak di dalam Taman Nasional Lassen Volcanic California, danau dengan kandungan karbondioksida begitu tinggi ini berada di ketinggian 1.996 meter. Akibatnya, sejumlah pohon di sekitar Danau Horseshoe ini tumbuh kering kerontang.

Untuk membuktikan tingginya kandungan karbondioksida, Anda bisa menggali lubang di dekat danau lalu kemudian nyalakanlah obor. Dijamin, obor tersebut akan langsung mati seketika.

4. New Smyrna Beach, Florida, Amerika

New Smyrna Beach, Florida, Amerika

Bermain di pantai memang sangat menyenangkan, bukan? Tapi jika harus berdekatan dengan hiu, pasti akan berubah menjadi sangat menakutkan. Pantai New Smyrna di Volusia, Florida, dikenal sebagai ‘Shark Attack Capital of the World’ karena pantai ini adalah perairan dengan kasus serangan hiu terbanyak di dunia.

Frekuensi munculnya hiu dilepas pantai Volusia sangat tinggi. Jika Anda mencoba berenang di laut pantai New Smyrna, kemungkinan besar Anda akan berada dalam jarak 3 meter dari seekor hiu ganas. Meskipun terkenal mengerikan, fakta ini justru membuat para pelancong nekat mengunjungi dan berenang disini. Hasilnya, tak sedikit peselancar dan wisatawan biasa yang menjadi korban serangan hiu, baik ringan maupun fatal.

3. Sungai Rio Tinto, Spanyol

Sungai Rio Tinto, Spanyol

Perairan mematikan selanjutnya adalah Sungai Rio Tinto di Spanyol. Sungai ini merupakan salah satu sungai paling tercemar di dunia, sehingga membuat kadar toksin di perairan ini sangat tinggi. Jika dilihat, warna air di sungai ini berwarna merah kekuningan, akibat berbagai jenis polutan berbahaya yang sudah mencemari sungai ini. Air di sungai ini bisa menimbulkan potensi berbahaya jika bersentuhan dengan kulit.

Selain airnya, polusi udara di Sungai Rio Tinto juga bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dihirup terus-menerus.

Baca Juga  7 Gua Cantik Di Dunia Yang Bikin Terpana

Selama berabad-abad, para penambang mengeksploitasi wilayah ini karena kaya akan mineral berharga, seperti tembaga, emas, dan perak.

2. Sungai Potomac, Amerika

Sungai Potomac, Amerika

Jika Anda sampai masuk ke sungai ini, maka Anda akan mati. Sebagian warga Amerika mempercayai betul kata-kata ini, mengenai Sungai Potomac. Bukan tanpa alasan, jika sungai yang mengaliri ibukota Washington DC ini dikenal kerap meminta korban jiwa. Sebab, perairan antara Little Falls and Chain Bridge ini, membentuk serangkaian jeram dan air terjun yang menyeret korban hingga sejauh 1,5 km. Dengan jarak sejauh itu, sulit rasanya korban bisa bertahan. Dan yang mengerikan, jika tidak terseret, kuatnya arus Sungai Potomac bisa menenggelemakan siap saja.

Akhirnya, untuk mengurangi tingkat kecelakaan di Potomac, pemerintah setempat memberikan peringatan keras bagi setiap pengunjung agar tidak terlalu dekat dengan aliran sungai.

1. Boiling Lake, Dominika

Boiling Lake, Dominika

Perairan mematikan lainnya adalah Danau Boiling atau danau mendidih di wilayah Taman Nasional Morne Trois Pitons, Dominika. Disebuat sebagai danau mendidih karena air danau ini senantiasa diliputi uap panas layaknya air rebusan. Suhunya tidak main-main, berkisar antara 82-91,5 °C. Jika Anda mencoba merebus telur disini, pasti akan matang seperti dimasak di atas kompor. Jika ada makhluk hidup yang tercebur, maka akan langsung mendidih seketika.

Meski berbahaya, Danau Boiling tetap menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Dominika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *