January 23, 2021
7 Orang Indonesia Yang Memiliki Pulau Pribadi

7 Orang Indonesia Yang Memiliki Pulau Pribadi

Menurut CIA World Factbook, Indonesia merupakan negara kepulauan di dunia, yaitu dengan 17.508 pulau. Mungkin kalian sudah tau kalau dari jumlah itu, sekitar 15.337 pulau di Indonesia tidak berpenghuni yang artinya hanya 12,38 % atau sekitar 2.342 pulau saja yang berpenghuni. Tapi apa kalian tahu kalau beberapa pulau yang ada di Indonesia dimiliki secara pribadi oleh beberapa orang? Berikut 7 orang Indonesia yang memiliki pulau pribadi.

7. Basuki Tjahaja Purnama

Basuki Tjahaja Purnama

Siapa yang tidak kenal dengan Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok. Pria yang terkenal dengan sejumlah kasus kontroversi dan pernah menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta ini ternyata memiliki pulau pribadi di daerah asalnya, yaitu Belitung. Pulau yang dimilikinya tidak hanya satu, melainkan tiga pulau. Ketiga pulau yang merupakan warisan dari ayahnya itu, bernama Pulau Nepi, Pulau Lindung, dan Pulau Kenek. Alih-alih membangun resort atau fasilitas mewah, ketiga pulau ini hanya dimanfaatkan untuk menanam pohon kelapa.

Selain pulau, Ahok yang pernah menjabat sebagai Bupati di Belitung, juga mengaku memiliki pantai pribadi di kawasan kelurahan Burung Mandi. Pantai tersebut bernama Pantai Bukit Batu. Sesuai namanya, Bukit Batu terletak di balik bukit dan dikelilingi batu-batu yang berukuran sangat besar. Menurut Ahok, hutan yang berada di sekitar bukit tersebut juga milik keluarganya.

6. Yusril Ihza Mahendra

Yusril Ihza Mahendra

Kepemilikan pulau pribadi di Belitung Timur ternyata tidak hanya Ahok. Yusril Ihza Mahendra, pakar Tata Hukum Negara yang juga pernah menjabat Menteri Sekretaris Negara, juga memiliki 2 pulau di Belitung Timur. Pulau tersebut bernama Pulau Memperak dan Airmasin. Di Pulau Memperak, Yusril memiliki kebun kelapa dan villa.

Yusril berpendapat bahwa pulau-pulau kecil yang ada sebaiknya dimiliki secara pribadi agar jelas siapa yang bertanggung jawab untuk merawatnya. Saat disebut orang kaya karena memiliki pulau pribadi, Yusril membantah dan mengatakan, “Di Belitung punya pulau adalah hal yang biasa. Bahkan nelayan saja punya pulau. Beda halnya kalau itu terjadi di Jakarta.” Menurutnya, di Jakarta, orang yang punya pulau disebut orang kaya.

Baca Juga  5 Kota Indah yang Diangkat Menjadi Nama Penyakit

5. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti

Siapa yang tidak mengenal nama Susi Pudjiastuti. Wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 ini terkenal dengan ketegasan dan keberaniannya mengusir kapal-kapal asing yang menangkap ikan di wilayah Indonesia. Tak kalah dengan mantan Gubernur dan pakar hukum tatanegara, wanita yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan ini ternyata juga memiliki pulau pribadi. Pulau yang berada di Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam, diberi nama Pulau Susi, sesuai namanya.

Kalau yang lain punya pulau karena warisan, Susi justru mendapatkan pulau itu sebagai tanda terima kasih dari pemerintah setempat atas jasanya membantu korban tsunami dan membangun masjid. Meski begitu, Susi tidak merasa dirinya adalah pemilik pulau itu. Penamaan pulau yang diambil dari namanya merupakan pemberian dari masyarakat, jauh sebelum dirinya menjadi menteri. Dia juga menegaskan kalau pulau itu hanya digunakan untuk budidaya lobster dan rumput laut, bukan untuk kepentingan bisnis seperti membangun fasilitas wisata.

4.  Tomy Winata

Tomy Winata

Pulau adalah salah satu destinasi wisata yang keren untuk menghabiskan masa-masa liburan bersama keluarga dan teman. Biasanya, sebelum berlibur, kalian akan mempersiapkan beberapa hal, terutama estimasi dana yang diperlukan untuk masuk ke dalam pulau. Tapi, bagaimana kalau pulaunya milik kalian pribadi. Pasti menyenangkan, bisa bebas berlibur di pulau milik sendiri.

Tomy Winata, salah satu pengusaha sukses grup Artha Graha atau Artha Graha Network ini. dibilang tajir melintir sampai punya pulau pribadi di Lampung. Pulau itu diberi nama Pulau Bule, dan di atasnya dibangun sebuah resort megah yang menjadi salah satu objek wisata.

Pulau Bule merupakan salah satu pulau dengan pantai menawan dengan airnya yang sangat jernih. Untuk berkunjung ke pulau ini, kalian harus memperoleh izin atau kalian akan diusir, karena sistem keamanan pulau ini yang cukup ketat.

Baca Juga  6 Jalur Kereta Api Terseram Di Dunia

3. Surya Paloh

Surya Paloh

Kaya raya, punya stasiun TV, punya jet pribadi, ditambah punya pulau pribadi. Benar-benar kehidupan yang bikin iri ya. Dia adalah politikus asal Aceh sekaligus pemilik stasiun televisi MetroTV, Surya Paloh. Pulau miliknya diberi nama Pulau Kaliage yang terletak di Kepulauan Seribu. Di pulau itu, terdapat sebuah villa tempat peristirahatan yang biasa digunakan oleh Surya Paloh.

Meskipun merupakan pulau pribadi, masyarakat tetap boleh bersantai di sana karena ada ketentuan 40% wilayah pulau yang dimiliki tetap bisa diakses oleh publik. Hanya ada beberapa tempat yang terlarang untuk umum, salah satunya adalah villa tersebut. Untuk bisa sampai ke Pulau Kaliage, dibutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam dari Dermaga Marina, Ancol, dengan menggunakan speedboat. Sayangnya, bangunan yang ada di pulau ini pernah disegel karena bermasalah soal perizinan.

2. Soeharto

Soeharto

Kalau ada yang tidak kenal nama Soeharto, kayaknya status kewarganegaraan atau nilai PKn-nya perlu dipertanyakan. Mantan Presiden Indonesia yang menjabat selama 32 tahun ini, ternyata juga punya pulau pribadi. Lebih tepatnya, pulau milik keluarganya, yaitu Keluarga Cendana. Sama dengan Surya Paloh, pulau milik Soeharto juga terletak di Kepulauan Seribu, namanya pulau Bulat. Sesuai namanya, pulau ini berbentu bulat dan luasnya sekitar 1,28 hektar.

Di pulau yang tak berpenghuni ini, terdapat sebuah bangunan penginapan cukup besar dan pendopo yang sangat luas. Tidak hanya itu, terdapat juga tempat tinggal penjaga, bangunan penyimpanan mesin genset, tangki air, dermaga, serta landasan helikopter.

Pulau yang terbilang kecil ini adalah tempat yang cocok untuk kalian yang suka menikmati sunset. Sayangnya, pada tahun 2016, pulau ini dilaporkan ditelantarkan sehingga banyak fasilitas yang mulai rusak.

Baca Juga  5 Pulau Berhantu Di Dunia Yang Bikin Merinding

1. Ratu Atut Chosiyah

Ratu Atut Chosiyah

Pulau di Indonesia dimiliki juga oleh mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. Malah, pulau yang dimilikinya tidak hanya satu. Sang ratu ini punya dua pulau di wilayah Pandeglang, Banten. Pulau itu adalah Pulau Liwungan dan Pulau Popole. Kedua pulau ini merupakan warisan ayahnya, Tubagus Chasan Sochib.

Pulau Liwungan berlokasi di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Luas pulau ini sekitar 50 hektar dengan kondisi pantai karang dan berbatu. Sedangkan Pulau Popole juga berada di kabupaten yang sama, tapi beda kecamatan. Pulau Popole berada di Kecamatan Labuan. Kawasan ini lebih banyak dimanfaatkan untuk wisata, khususnya snorkling karena banyak taman laut disekitar pulau tersebut. Kedua pulau ini dikelola oleh keluarga Atut. Tapi, sejak Atut menjadi tahanan KPK terkait kasus alkes, kondisi kedua pulau ini menjadi terlantar.

Itulah 7 orang Indonesia yang memiliki pulau pribadi. Beberapa diantaranya membangun fasilitas untuk wisata di atas pulau tersebut. Ada juga yang membiarkan sebagai kebun kelapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *