October 30, 2020
7 Jembatan Penguji Adrenalin Dari Seluruh Dunia

7 Jembatan Penguji Adrenalin Dari Seluruh Dunia

Jembatan… mungkin ini adalah salah satu temuan terbaik manusia! Dengan jembatan kita bisa menghemat banyak tenaga dan waktu untuk mencapai sebuah tempat yang berseberangan. Jembatan yang sengaja dibuat untuk memudahkan mobilitas manusia, mulai diperkenalkan sejak zaman Babilonia, sekitar 4.000 tahun yang lalu. Bentuknya masih sangat sederhana, hanya berupa gelondongan kayu yang diletakkan secara melintang. Teknologi ini pun terus berkembang! Dari yang awalnya hanya menghubungkan dua tempat dengan jarak yang pendek hingga kini menjadi jembatan-jembatan dengan panjang mencapai ratusan meter bahkan ribuan meter di atas permukaan laut. Inilah jembatan-jembatan penguji adrenalin dari seluruh dunia!

7. Zhangjiajie Glass Bridge

Zhangjiajie Glass Bridge

Sebuah jembatan megah di Zhangjiajie, Cina ini merupakan jembatan kaca terpanjang sekaligus tertinggi di dunia. Jembatan ini membentang sejauh 430 meter dan berdiri dengan kokoh di ketinggian 300 meter dari permukaan tanah.

Seluruh dasar jembatan ini dilapisi dengan kaca tebal transparan yang membuat pengunjung melihat pemandangan yang mengagumkan sekaligus merasakan sensasi menegangkan yang sudah pasti tidak akan terlupakan.

Meskipun terlihat ringkih, tapi ternyata kaca yang terdapat di jembatan ini diklaim sangat kuat! Bahkan ketika pembukaan pertamanya, sebuah mobil sengaja dibuat melintas di jembatan ini untuk meyakinkan pengunjung akan kekuatannya.

6. Trift Bridge, Swiss

Trift Bridge, Swiss

Negara Swiss dikaruniai oleh keindahan bentangan alam yang tidak ada tandingannya. Indahnya rangkaian Pegunungan Alpen selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penjelajah dari seluruh dunia. Dan salah satu yang paling dicari oleh penggila adrenalin adalah Thrift Bridge.

Sebuah jembatan gantung yang terbentang di antara rangkaian Pegunungan Alpen ini memang menguji nyali siapa pun yang melaluinya. Terbentang di ketinggian 100 meter dari dasar lereng Pegunungan Alpen ini membuat siapa saja yang melintasinya akan merasa goyangan khas jembatan gantung di ketinggian ketika ada yang melaluinya.

Baca Juga  5 Apartemen Impian Dengan Harga Fantastis

Pemandangan dari jembatan yang satu ini memang luar biasa mengagumkan! Namun, bagi Anda yang memiliki penyakit jantung dan fobia akan ketinggian, berkungjung ke tempat yang satu ini sangat tidak direkomendasikan, ya.

5. Royal Gorge Bridge

Royal Gorge Bridge

Royal Gorge Bridge, sebuah jembatan di negara bagian Colorado, Amerika Serikat ini pernah menyandang sebagai jembatan tertinggi di dunia hingga tahun 2001. Royal Gorge Bridge selesai dibangun pada tahun 1929 dan terus beroperasi sejak saat itu.

Bentangan jembatan yang mencapai 384 meter dilapisi sebanyak 1.292 panel kayu sebagai landasan pijakannya ini, melintasi Sungai Arkansas yang berada 291 meter tepat dibawahnya.

Jembatan ini kini menjadi salah satu magnet utama para pencari ketegangan. Karena tidak hanya melintasinya saja, Anda juga bisa bermain bungy jumping dan menaiki gondola di sebelah jembatan untuk bisa merasakan sensasi yang berbeda.

4. Caminito del Rey

Caminito del Rey

Jalur Caminito del Rey yang berada Málaga, Spanyol, pada awalnya merupakan jalur pekerja untuk membawa material ketika membangun sebuah pembangkit listrik tenaga air pada tahun 1905.

Jalur penyeberangan Caminito del Rey hanya memiliki lintasa pijakan selebar 1 meter. Dah bahkan kini di beberapa bagian tampak pijakan yang runtuh dan hanya menyisakan rangka besinya saja. Hal inilah yang kemudian membuat Caminito del Rey sebagai salah satu jalur perlintasan berbahaya di dunia.

Meskipun sudah diberi pengaman berupa sebuah kabel baja, namun tetap ada saja korban meninggal karena mengalami kecelakaan di jalur perlintasan ini.

3. Carrick-a-Rede Rope Bridge

Carrick-a-Rede Rope Bridge

Jembatan yang akan membuat nyali Anda ciut selanjutnya berasal dari daerah County Antrim di Irlandia Bagian Utara. Adalah Carrick-a-Rede Bridge, yang konon pertama dibangun 300 tahun lalu oleh seorang nelayan. Seiring dengan perkembangan waktu, jembatan tersebut terus diperbaharui namun tetap mempertahankan bentuk sebuah jembatan gantung sederhana.

Baca Juga  Tempat Tersembunyi Yang Dapat Menyejukkan Hati

Bayangkan saja betapa ngerinya Anda berada di sebuah jembatan gantung dengan hembusan angin laut dan suara deburan ombak laut yang menghantam tebing. Pasti Anda akan berpikir dua kali untuk melewatinya.

Meskipun bentangan jembatan yang satu ini tidak terlalu panjang, namun struktur sederhana yang hanya menghandalkan tali tambang yang saling mengikat membuatnya menghadirkan kengerian tersendiri bagi mereka yang ingin melintasinya.

2. Langkawi Skybridge

Langkawi Skybridge

Jembatan berikutnya berasal dari Langkawi, Malaysia, dimana kita bisa menemukan sebuah jembatan gantung unik yang berbentuk melengkung seperti bulan sabit. Namun jangan pernah membawa teman atau keluarga Anda yang memiliki fobia ketinggian, ya… Karena jembatan yang satu ini terbentang kokoh di ketinggian 660 meter di atas permukaan laut.

Terletak di puncak Gunung Mat Cincang, jembatan unik ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 125 meter. Bentuk lengkungan jembatan yang menyerupai bulan sabit ternyata dimaksudkan agar para pengunjungnya dapat menikmati pemandangan dengan lebih maksimal.

Proses pembangunan Jembatan Langkawi juga cukup unik. Bahkan untuk mengangkat bagian jembatan, mereka harus menggunakan helikopter untuk mengangkutnya untuk kemudian disusun ulang di puncak Gunung Mat Cincang.

1. El Puente de Ojuela

El Puente de Ojuela

Jembatan yang berada di negara bagian Durango, Mexico Bagian Utara ini sudah dibangun pada abad ke-19 untuk menghubungkan sebuah kota kecil Ojuela, yang menjadi kota para penambang emas di masanya. Kini Ojuela telah menjadi kota mati dan ditinggalkan. Dan El Puente de Ojuela adalah satu-satunya bangunan yang masih utuh dan kokoh.

Sepintas terlihat seperti jembatan gantung tua pada umumnya. Namun, tahukah Anda bahwa El Puente de Ojuela adalah jembatan gantung ke-3 terpanjang di dunia, lho! Jembatan tua ini memiliki panjang hingga 315 meter. Dahulu, jembatan yang telah berusia lebih dari 1 abad ini dilalui para hewan pengangkut emas hasil penambangan di sana.

Baca Juga  6 Tempat Di Pegunungan Himalaya Yang Menyimpan Banyak Misteri

Yang membuat perjalanan Anda semakin menegangkan di jembatan ini adalah terlihatnya beberapa bagian jembatan yang mulai lapuk termakan usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *