December 5, 2020
6 Wisata Asyik Di Bawah Tanah

6 Wisata Asyik Di Bawah Tanah

Mengisi waktu liburan bisa dilakukan dengan wisata ke berbagai destinasi menarik. Beberapa memilih mengunjungi taman hiburan dengan berbagai wahana menyenangkan dan menegangkan. Adapula yang memilih mengunjungi teater atau sekedar mencuci mata di mall. Tapi, tahukah Anda ternyata keseruan berwisata juga bisa kita rasakan di bawah tanah, lho! Seperti di beberapa lokasi berikut. Bayangkan, bagaimana Anda bermain trampolin raksasa atau flying fox di bawah tanah, menaiki bianglala, sampai menyaksikan pertunjukan seni. Bagaimana keseruannya? Inilah wisata asyik di bawah tanah.

6. Bermain trampolin dan flying fox di Llechwedd Slate Caverns, Wales

Bermain trampolin dan flying fox di Llechwedd Slate Caverns, Wales

Anda pernah bermain trampolin? Di sini, sensasi bermain trampolin akan naik tingkat, karena berada di bawah tanah. Inilah trampolin raksasa di wisata Llechwedd Slate Caverns di Gwynedd, Wales. Gua bekas tambang ini memiliki 3 trampolin raksasa bernama bounce below. Menggantung di ketinggian 54 meter, wahananya sangat menguji adrenalin.

Ketiga trampolin dikelilingi cahaya warna-warni dari neon, yang membuatnya bagai sarang laba-laba raksasa nan indah. Seru dan mengasyikan.

Tak hanya itu, di area gua bawah tanah yang besar dan luas ini, terdapat wahana flying fox, Zip World Flying Fox di bawah tanah. Kita dapat merasakan sensasi terbang di dalam gua.

Indahnya lampu warna-warni di sekitar membuat suasana bawah tanah tidak terasa menyeramkan.

5. Taman rekreasi bawah tanah, Salina Turda di Romania

Taman rekreasi bawah tanah, Salina Turda di Romania

Lazimnya, taman rekreasi berada di area luas dan terbuka. Namun, tidak di Salina Turda di Tansilvania, Romania. Kesan menyeramkan gua bawah tanah rasanya hilang ketika melihat beberapa wahana rekreasi yang super asyik ini.

Lokasi rekreasi taman wisata ini berada di bekas tambang garam sedalam 122 meter yang dahulu pernah beroperasi hingga 900 tahun lamanya.

Baca Juga  6 Tempat Di Pegunungan Himalaya Yang Menyimpan Banyak Misteri

Terdapat berbagai wahana mengasyikkan didalamnya, salah satu wahana andalannya adalah bianglala setinggi 20 meter bernama Big Wheel. Bianglala bawah tanah ini memiliki 6 kabin berkapasitan 8 orang. Selain bianglala, ada lapangan golf mini, arena bowling, billiard, amfiteater, museum, hingga danau buatan. Di danau buatan ini disediakan perahu yang akan membawa wisatawan berkeliling.

Berkunjung ke Salina Turda, membuat lupa kalau kita sedang berada di dalam perut bumi.

4. Temples of Humankind, kuil tersembunyi Damanhur di Italia

Temples of Humankind, kuil tersembunyi Damanhur di Italia

Di kaki Pegunungan Alpen, terdapat beberapa kuil yang dipersembahkan untuk semangat kemanusiaan. Berdiri 30 meter di bawah tanah, kuil ini dibangun secara diam-diam selama 15 tahun. Beberapa orang menyebutkan kuil tersembunyi.

Temples of Humankind dibangun secara rahasia oleh sekelompok orang dibawah pimpinan Oberto Airaudi pada 1978. Sekitar 15 orang membangun kuil bawah tanah dengan alat seadanya.

Pada 1992, keberadaan kuil ini sempat menimbulkan kontroversi ketika pemerintah setempat menerima informasi tentang adanya kuil tersembunyi di Damanhur, Italia. Tak merasa mengizinkan pembangunan di bukit tersebut, akhirnya kuil ini ditemukan dan diselidiki, hingga dapat dibuka untuk umum.

Dalam kuil tersebut, terdapat kubah berukuran 8 meter dan tiang-tiang diukir menyerupai bentuk manusia. Langit-langit ruangan terbuat dari kaca penuh warna. Terdapat beberapa ruangan bertema khusus yang tiangnya ditutupi oleh daun-daun emas, dinding, dan langit-langit berhiaskan mural, mozaik, dan kristal.

3. Bunk’Art, museum artistik bawah tanah di Tirana, Albania

Bunk’Art, museum artistik bawah tanah di Tirana, Albania

Wisata bawah tanah tak kalah seru lainnya adalah Bunk’Art, sebuah bekas bungker nuklir yang kini menjadi museum di Tirana, Albania. Terdapat dua kawasan Bunk’Art 1 dan Bunk’Art 2.

Dibuka pada November 2014, Bunk’Art 1 merupakan sebuah pameran video yang didedikasikan untuk menceritakan sejarah tentara Albania dan kehidupan sehari-hari warga Albania.

Baca Juga  10 Jembatan Terpanjang Di Indonesia

Sementara Bunk’Art 2 yang dibuka pada November 2016, merekonstruksi sejarah kementerian dalam negeri Albania dari tahun 1912-1991. Foto-foto disini menceritakan kisah tentang Albania memiliki Diktator Stalinist sampai tahun 80an, dan kekacauan di negara tersebut tahun 90an.

Di sini, pengunjung dapat mempelajari sejarah sekaligus menikmati hasil seni yang sangat menarik.

2. Tempat pertunjukan seni bawah tanah, The Vaults di London

Tempat pertunjukan seni bawah tanah, The Vaults di London

Di London, The Vaults menjadi salah satu tempat wisata bawah tanah paling gaul. Pasalnya, di ruang bawah tanah di bawah Stasiun Waterloo London, terdapat restoran, ruang galeri seni, teater, dan area untuk pertunjukan seni lainnya.

Fakta mencengangkan dari tempat ini adalah dahulu The Vaults adalah bekas ruang jenazah. Menariknya, di area seluas 1.300 m2 ini, setiap tahunnya diadakan festival The Vaults, sebuah festival yang selalu menjadi incaran wisatawan lokal dan mancanegara.

Dalam festival selama dua bulan ini, terdapat beberapa pertunjukan seni, standup comedy, kabaret, pemutaran film, pertunjukan musik, hingga pesta larut malam.

1. Coober Pedy, kota wisata bawah tanah Australia

Coober Pedy, kota wisata bawah tanah Australia

Berikutnya ada Coober Pedy, salah satu kota unik yang ada di Australia Selatan karena terletak di bawah tanah. Wilayah Coober Pedy merupakan sebuah gurun super luas berukuran sama seperti Prancis dan Jerman apabila disatukan. Bagaimana bisa ada sebuah kota dibawah tanah?

1915 silam, para penduduk sekitar mulai menggali tambang di wilayah itu setelah ditemukan oleh Willie Hutchison. Namun, mereka tak menemukan emas, melainkan batu opalyang memiliki warna sangat indah. Sejak itu pula mereka mulai membuat kamar di bawah tanah.

Kini Coober Pedy berkembang menjadi suatu tempat paling unik di Australia bahkan dunia, destinasi wisata para pelancong. Terdapat sekitar 1500 ruang kamar, gereja, perpustakaan, restoran, dan hotel di kota yang telah mendapatkan banyak penghargaan pariwisata dan budaya ini.

Baca Juga  7 Orang Indonesia Yang Memiliki Pulau Pribadi

Layaknya kota pada umumnya, rumah penduduk di sini juga sama seperti mereka yang tinggal di atas tanah. Mereka juga punya lemari, perapian, dapur, dan televisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *