October 30, 2020
6 Negara Dengan Aturan Yang Bikin Gagal Paham

6 Negara Dengan Aturan Yang Bikin Gagal Paham

Setiap aturan memang sengaja dibuat agar bisa dilaksanakan dengan baik. Setiap daerah ataupun negara biasanya punya tata atau aturannya masing-masing. Dan kalau kamu termasuk orang yang suka berpetualang dari satu negara atau daerah ke daerah lainnya, kamu pasti menemukan berbagai aturan yang beragam dan unik. Nah, ternyata ada juga aturan-aturan yang bisa bikin gagal paham. Ya gimana nggak, karena ada negara yang melarang warganya untuk gemuk dan ada juga yang melarang untuk buang gas. Kira-kira ada aturan apa lagi ya yang bisa bikin gagal paham. Berikut informasinya!

6. Dilarang gendut, Jepang

Dilarang gendut, Jepang

Kalau kamu sudah pernah berkunjung ke beberapa daerah bahkan negara, mungkin kamu akan mudah menemukan orang-orang yang mempunyai tubuh gemuk. Tapi, jika kamu pergi ke Jepang, kemungkinan besar kamu akan sulit untuk menemukan warga aslinya yang memiliki tubuh gemuk.

Ternyata di negara sakura ini memiliki badan gemuk adalah hal yang ilegal, kecuali untuk para atlet sumo yang masih aktif. Tidak main-main, warga Jepang yang memiliki bobot berlebih akan dikenakan sanksi.

Aturan unik ini dikenal dengan nama hukum metabo yang berasal dari istilah metabolic syndrome, yaitu istilah resmi untuk obesitas di Jepang. Hukum metabo ini mewajibkan setiap warga Jepang memiliki lingkar pinggang maksimal sekitar 80 cm bagi lelaki di atas 40 tahun, dan 90 cm untuk perempuan pada umur yang sama. Hukum metabo sendiri sebenarnya sudah mulai diaktifkan sejak tahun 2008 bagi para pekerja di Jepang yang berusia 40 hingga 75 tahun.

Meski berujung pada sanksi bagi mereka yang gemuk, ternyata sanksi ini tidak dikenakan untuk perorangan, namun berupa pengenaan pajak yang lebih besar kepada perusahaan yang memiliki karyawan yang terlalu gemuk. Karena itulah tidak sedikit perusahaan di Jepang yang melarang karyawannya mempunyai tubuh gemuk untuk menghemat pengeluaran pajak kesehatan karyawan. Karena hal ini pulalah orang berbadan gemuk relatif lebih sulit mendapatkan pekerjaan di Jepang ketimbang mereka yang memiliki tubuh ideal.

Baca Juga  Inilah Alasan Kenapa Jasad Di Gunung Everest Dibiarkan Begitu Saja

Terlepas dari segala kontroversinya, hukum metabo telah berjalan efektif di Jepang hingga kini. Bahkan, dalam daftar negara berpenduduk obesitas, Jepang berhasil menurunkan peringkatnya. Dibandingkan dengan Amerika Serikat yang memiliki penduduk obesitas terbanyak 35%, Jepang telah mampu menekan jumlah penduduk gemuk hingga sebanyak 50%.

5. Dilarang mengemudikan mobil kotor, Rusia

Dilarang mengemudikan mobil kotor, Rusia

Kalau bawa mobil setelah hujan atau lewat jalan yang becek, biasanya mobil akan menjadi kotor, kan? Tapi kalau kamu lagi ada di Rusia, tepatnya di Kota Chelyabinsk, jangan coba-coba membiarkan mobil kamu dalam keadaan kotor, ya! Karena di negara ini, mengendarai mobil dalam keadaan kotor itu ternyata sebuah pelanggaran.

Di kota yang terkenal karena kebersihannya ini, kalau kamu berani coba-coba membawa mobil dengan keadaan kotor, kamu bisa kena denda yang nggak main-main, yaitu sebesar RUB 2.000 atau sekitar Rp 425.000, hampir sama kayak pelanggaran kalau kamu masuk jalur busway.

4. Larangan makan saus tomat, Prancis

Larangan makan saus tomat, Prancis

Kalau kamu sedang menikmati makanan siap saji atau makanan yang digoreng, biasanya paling enak kalau menggunakan saus, baik itu saus sambal ataupun saus tomat. Apalagi bagi anak-anak, memakan kentang goreng menggunakan saus tomat adalah kenikmatan tersendiri.

Tapi, asyiknya memakan saus tomat menggunakan berbagai macam makanan tidak berlaku di Prancis. Karena saus tomat justru dilarang di negara ini. Pelarangan ini berhubungan dengan promosi makanan sehat dan juga untuk melindungi makanan tradisional yang ada selama ini.

Langkah yang diambil pemerintah Prancis terbilang cukup unik, yakni pelarangan saus tomat di kafetaria dan kantin sekolah secara nasional. Ternyata larangan ini tidak hanya berlaku untuk saus tomat saja. Tapi juga burger, kentang goreng, dan makanan junk food sudah diminimalisasi untuk tidak banyak disediakan di sekolah. Sebagai gantinya, sayuran, buah-buah, susu, serta roti rendah kalorilah yang ditawarkan di kafetaria sekolah.

Baca Juga  6 Jalur Kereta Api Terseram Di Dunia

Kebijakan ini pun didukung oleh banyak masyarakat. Aturan ini mulai berlaku tahun 2011 di seluruh sekolah di Prancis dan diajukan oleh Christopher Hebert, sosok yang menyatakan bahwa saus tomat adalah lambang dari makanan Amerika.

3. Harus selalu bahagia, Milan

Harus selalu bahagia, Milan

Siapa sih yang nggak mau menjadi orang yang selalu bahagia? Gimana ya, kalau hal ini peraturan di suatu negara? Ya, saat Austria berkuasa atas Milan pada abad ke-19, aturan unik ini pun dibuat, dimana setiap warganya harus selalu terlihat bahagia. Mereka harus senantiasa tersenyum sepanjang waktu dan tidak boleh mengerutkan alis, kecuali sedang melakukan kunjungan ke rumah sakit atau menghadiri pemakaman.

Jika ketahuan melanggar, kamu akan dikenakan denda. Meskipun terdengar lucu, siapa sangka peraturan ini masuk ke dalam undang-undang tidak dicabut sampai saat ini.

2. Tidak boleh lupa tanggal ulang tahun istri, Kepulauan Samoa

Tidak boleh lupa tanggal ulang tahun istri, Kepulauan Samoa

Buat kamu yang sudah menonton film Fast & Furious, pasti sudah lihat gimana indahnya pulau yang satu ini. Samoa adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian Selatan, yang terdiri dari dua pulau utama dan tujuh pulau kecil. Samoa sendiri termasuk ke dalam negara yang mempunyai wilayah terkecil di dunia.

Selain terkenal karena keindahan pulaunya, Samoa juga punya peraturan yang bikin semua istri di dunia ini bahagia, yaitu adanya aturan bagi para suami agar tidak lupa dengan hari ulang tahun istrinya. Di Indonesia ataupun di negara-negara lainnya, mungkin sifat pelupa itu biasa. Tapi tidak dengan Samoa. Seorang suami yang tidak memberikan ucapan, melupakan ulang tahun istrinya, akan dianggap melakukan tindakan kriminal. Dan istri dapat melaporkan suaminya kepada pihak kepolisian.

Baca Juga  5 Kota Indah yang Diangkat Menjadi Nama Penyakit

Bukan tanpa alasan. Ternyata peraturan ini dibuat untuk mengurangi tingginya kasus pembunuhan suami yang dilakukan istri karena merasa kurang dihargai.

1. Dilarang buang gas di hari Kamis, Florida

Dilarang buang gas di hari Kamis, Florida

Setiap daerah memiliki aturan-aturan sosial atau hukum masing-masing untuk setiap penduduknya. Tapi, tidak sedikit aturan yang ada terlalu aneh atau lucu untuk disepakati, salah satu aturan unik yang berlaku di Florida, Amerika Serikat.

Di sini diberlakukan aturan larangan buang gas di hari Kamis setelah jam 6 sore. Belum diketahui secara pasti awal mula aturan ini dijalankan. Yang pasti, apabila ada yang ketahuan melanggar aturan ini, akan di dakwa karena dianggap mengganggu ketertiban umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *