October 22, 2020
5 Pulau Berhantu Di Dunia Yang Bikin Merinding

5 Pulau Berhantu Di Dunia Yang Bikin Merinding

Apa yang terbesit di benak Anda ketika pertama kali mendengar kata pulau? Sebagian dari Anda mungkin akan langsung membayangkan liburan di pantai pasir putih lengkap dengan pepohonan kelapa serta teduhnya ombak laut yang bersahutan. Namun, ada baiknya jika lain kali ingin menghabiskan waktu liburan di sebuah pulau, Anda sebaiknya lebih mencermati lagi pulau mana yang Anda tuju. Salah-salah, liburan yang harusnya menyenangkan, justru jadi mencekam karena pulau yang Anda kunjungi justru pulau berhantu. Dan inilah deretan pulau-pulau berhantu yang dijamin akan membuat Anda merinding.

5. Pulau Hashima, Jepang

Pulau Hashima, Jepang

Semua khayalan Anda tentang indahnya pulau yang dihiasi putihnya pasir pantai dan birunya laut akan langsung sirna jika Anda berkunjung ke sebuah pulau di Jepang bernama Pulau Hashima. Pulau Hashima memang jauh dari bayangan orang mengenai sebuah pulau pada umumnya, karena tempat yang satu ini lebih cocok disebut sebagai sebuah kota mati yang sudah lama ditinggalkan penduduknya.

Konon, di tempat ini masih sering terlihat aktivitas para roh yang dulu pernah menetap dan meninggal di pulau yang satu ini. Siapa sangka di pulau yang sangat mencekam ini, dahulunya pernah menjadi pulau terpadat di dunia.

Pada tahun 1890, pulau ini dibeli oleh sebuah perusahaan Jepang dan dijadikan lokasi penggalian batu bara dengan 5.000 pekerja di dalamnya. Sehingga Hashima menjadi pulau dengan kepadatan tertinggi di dunia, bahkan 10x lipat lebih padat dari Kota Tokyo pada masanya.

Reputasi mengenai keangkeran tempat ini konon dimulai ketika masa penggalian batu bara di pulau yang berlokasi tak jauh dari Kota Nagasaki ini. Pada masanya, banyak pekerja yang tewas karena lingkungan kerja yang ekstrem. Ditambah lagi era Perang Dunia II yang membuat banyak pekerja paksa dari Cina dan Korea didatangkan ke pulau ini.

Baca Juga  7 Gua Cantik Di Dunia Yang Bikin Terpana

Hal lain yang membuat suasana pulau ini semakin mencekam adalah para pengunjung masih dapat menemukan benda-benda para pekerja yang dulu pernah hidup di pulau ini. Mulai dari sepatu, televisi, dan benda-benda lainnya.

Hingga hari ini, tidak semua orang berani mendatangi Pulau Hashima, membuat pulau angker ini masih akan tetap menjadi pulau tak berpenghuni.

4. Hart Island, Amerika Serikat

Hart Island, Amerika Serikat

New York, Amerika Serikat, kota yang tak pernah tidur dan merupakan salah satu pusat bisnis dunia. Jutaan orang dari berbagai belahan dunia datang ke kota gemerlap yang satu ini. Namun, siapa yang menyangka bahwa dilepas pantai New York, terdapat sebuah pulau angker dengan julukan pulaunya para roh yang tersesat.

Hart Island adalah sebuah pulau kecil di lepas pantai New York, yang menjadi saksi bisu kekejaman Perang Saudara di Amerika pada tahun 1865. 3.000 orang pasukan konfederasi ditahan di pulau ini dan menghadapi kejamnya penyiksaan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Banyak yang kemudian di antara mereka tewas dengan cara yang tidak wajar.

Roh-roh dari para tahanan ini yang konon sering terdengar di sisa-sisa reruntuhan bangunan Pulau Hart. Saksi mata mengatakan di beberapa sudut Pulau Hart sering terdengar jeritan-jeritan memilukan korban penyiksaan. Sebagian lainnya mengatakan kerap kali melihat penampakan roh-roh di masa lampau.

Selain penjara, di pulau ini juga sempat dibangun rumah sakit karantina ketika wabah penyakit demam kuning menyerang Amerika pada tahun 1870. Pemberitaan kala itu mengatakan hampir 850.000 orang meninggal dan dikuburkan di pulau ini. Bahkan kabarnya beberapa jasad dibiarkan tergeletak begitu saja tanpa mendapat pemakaman yang layak.

Sejak tahun 1990an, Hart Island menjadi pemakaman bagi warga Amerika yang hidup seorang diri tanpa keluarga maupun bagi mereka yang miskin dan tidak mampu membiayai pemakaman. Hal ini juga yang membuat Hart Island kini menjadi salah satu pemakaman terbesar di Amerika.

Baca Juga  Film-Film Horor Tragis Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

3. Isle of Wight, Inggris

Isle of Wight, Inggris

Pulau Wight, salah satu pulau terbesar di Inggris. Tidak akan ada yang menyangkal jika sudah berbicara mengenai keindahan pulau satu ini. Sekitar 140.000 jiwa mendiami Isle of Wight. Keindahan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan bahkan sejak era Victoria.

Namun, dibalik keindahannya, ternyata Pulau Wight menjadi salah satu pulau terangker di Inggris. Reputasi kengerian yang didapat dari beberapa tempat di pulau ini seperti yang terdapat pada Ventnot Botanical Garden.

Taman Botani dengan koleksi jenis tanaman dari berbagai penjuru dunia ini sekilas memang terlihat sebagai sebuah taman yang sangat cantik. Tapi sedikit yang mengetahui areal Botanical Garden adalah bekas bangunan rumah sakit karantina penyakit paru, dimana ketika itu banyak pasien yang tewas secara tidak wajar. Dan konon, roh mereka masih sering terlihat berkeliaran di sekitar area taman.

Tempat lainnya adalah Carisbrook Castle, sebuah kastil yang dibangun sekitar 800 tahun yang lalu. Bangunan kastil ini terkenal sangat angker. Konon, tempat ini dihantui oleh roh gentayangan para korban tahanan penyiksaan, hingga pembunuhan di masa kerajaan terdahulu. Di sudut-sudut kastil inilah saksi mata sering melihat munculnya bayangan hantu wanita dengan gaun panjang khas era Victoria. Belum lagi area hutan di sekitar kastil yang juga disinyalir sebagai tempat bersemayamnya para roh penasaran di sana.

2. Norfolk Island, Australia

Norfolk Island, Australia

Jalan-jalan yang sepi, pantai-pantai yang ditinggalkan, sisa reruntuhan bangunan dan batu nisan-batu nisan tua, menjadi saksi bisu dari banyaknya penampakan yang dilaporkan terlihat di pulau yang dikenal sebagai salah satu pulau terangker di dunia. Beragam penampakan yang tidak bisa dijelaskan oleh akal sehat sering dilaporkan disana. Mulai dari tentara zaman dahulu berseragam lengkap, hingga roh para wanita dengan gaun abad pertengahan yang mengunjungi rumah-rumah lama mereka.

Baca Juga  7 Perairan Paling Mematikan Di Dunia

Pulau Norfolk memiliki kondisi tanah yang subur. Namun, nampaknya keberkahan itu justru mengawali kengerian di sana. Ribuan tahanan kriminal dipaksa bekerja di perkebunan di sana untuk memenuhi kebutuhan pangan di Australia.

Tak terhitung jumlah para tahanan yang menjadi korban penyiksaan. Ditambah para tahanan yang dirantai dan jauh dari kata manusiawi. Entah berapa jumlah tahanan yang tewas di pulau ini.

Hingga hari ini, para pemburu hantu dari penjuru dunia masih sering berdatangan ke Pulau Norfolk untuk merasakan sendiri sensasi berhantu di pulau ini. Dan jika beruntung, Anda mungkin bisa mendengar gemerincing rantai para tahanan yang diseret tepat di samping tempat tidur Anda.

1. Corregidor Island, Filipina

Corregidor Island, Filipina

Pulau berhantu berikutnya berada di negara tetangga dan berbatasan langsung dengan Indonesia. Adalah Corregidor Island di Filipina yang konon dipenuhi oleh para prajurit Perang Dunia II.

Pulau ini pada Perang Dunia II merupakan basis pertahanan pasukan Amerika yang kemudian direbut oleh Jepang. Tak kurang dari 10.000 prajurit dari kedua belah pihak tewas mengenaskan di pulau yang indah ini. Dan sebagian orang mengatakan 10.000 pasukan yang tewas saat itu hingga kini masih mendiami pulau Correigidor.

Beberapa waktu yang lalu, seorang Youtuber mencoba menjelajahi sisa-sisa reruntuhan Perang Dunia Corregidor, menemukan hal-hal yang tidak bisa dijelaskan oleh akal sehat, seperti lampu gantung yang bergerak dengan sendirinya hingga suara jeritan yang tidak ditemukan sumber suaranya. Roh-roh para prajurit tersebut hingga hari ini masih terus dilaporkan muncul di bunker-bunker, goa-goa persembunyian dan bangunan-bangunan sisa Perang Dunia II.

Namun, satu yang paling terkenal adalah penampakan dari sosok Jendral McArthur yang menjadi salah satu sosok penting takluknya Jepand di Perang Dunia II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *