October 30, 2020
10 Misteri Yang Paling Membingungkan Dalam Sejarah Dunia

10 Misteri Yang Paling Membingungkan Dalam Sejarah Dunia

Mengingat kehidupan di dunia sudah berjalan sangat lama, tentu sudah banyak hal yang terjadi di tengah masyarakat, dari yang biasa sampai hal yang dianggap sangat misterius. Jika melihat lagi ke lembaran-lembaran sejarah yang telah ditulis, masih banyak kejadian yang belum terpecahkan sampai sekarang. Para ahli di bidangnya pun tidak dapat menjelaskan secara ilmiah mengenai apa yang menjadi penyebab pada kejadian-kejadian misteri tersebut. Berikut ini merupakan 10 misteri yang paling membingungkan dalam sejarah dunia.

10. Kapal Mary Celeste

Kapal Mary Celeste

Ada begitu banyak kapal misterius yang berada di dasar laut tapi hanya beberapa yang bisa membuat publik berandai-andai seperti kasus Kapal Mary Celeste. Berangkat dari New York untuk menuju Italia, kapal ini ditemukan di pantai Portugal pada tahun 1872 dengan semua awak yang menghilang dan sebuah sekoci darurat yang juga hilang. Kapal yang terdampar memang bukan sesuatu yang aneh. Tapi yang menjadikan kasus ini tidak biasa adalah kondisinya yang masih layak untuk melaut. Kapal ini hanya mengalami sedikit kerusakan pada layarnya dan mengalami sedikit kebocoran saja. Tidak hanya itu. Tidak satupun kru dan penumpang yang terlihat lagi setelah kejadian ini. Alasan mereka meninggalkan kapal masih menjadi spekulasi selama 150 tahun dan kita masih belum mendekati jawabannya.

9. Takdir Jimmy Hoffa

Takdir Jimmy Hoffa

Jimmy Hoffa adalah seorang pemimpin serikat buruh di akhir 1950an sampai awal tahun 1970an. Tapi Hoffa juga terlibat dalam kejatahan terorganisir di waktu yang sama. Sayangnya, usaha Hoffa untuk kembali ke posisi pemimpin serikat setelah kejatuhannya, ditentang oleh banyak orang. Pada 30 Juli 1975, Hoffa dijadwalkan untuk bertemu dengan mafia yang memiliki beberapa perselisihan dengannya untuk membahas perdamaian. Dia menghilang di hari yang sama. Belum ada yang bisa membuktikan siapa yang bertanggung jawab atas kejadian ini. Bahkan, Hoffa sendiri tidak berhasil ditemukan hidup ataupun mati. Takdir Hoffa yang sulit dipahami ini menjadi sangat terkenal. Bahkan namanya kini menjadi semacam peribahasa untuk sesuatu yang sulit ditemukan.

Baca Juga  Desa-Desa Paling Menyeramkan Di Dunia

8. Hilangnya USS Cyclops

Hilangnya USS Cyclops

Walaupun bumi kita sebagian besar diselimuti oleh laut, namun masih banyak misteri yang belum terungkap. Salah satunya adalah lokasi USS Cyclops, sebuah kapal cargo angkatan laut pada Perang Dunia I. Pada saat itu, USS Cyclops akan kembali ke Baltimore dari Rio De Jeneiro dengan muatan bijih. Kapal tersebut hilang di tengah perjalanan bersama dengan semua penumpangnya. Beberapa laporan mengatakan kalau kapal itu hilang di dekat Virginia, laporan lain mengatakan bahwa lokasi terakhirnya berada di sekitar segitiga bermuda. Ada juga teori lain yang mengatakan bahwa masalah pada kerangka kapal adalah penyebabnya karena beberapa kapal saudarinya juga hilang di tengah laut. Walaupun banyak teori yang beredar, tak ada jejak USS Cyclops yang berhasil ditemukan.

7. D.B. Cooper

D.B. Cooper

Penerbangan 305 milik maskapai Northwest Orient dibajak pada 24 November 1971. Sang pembajak yang terbang menggunakan nama Dan Cooper, berdalih membawa bom untuk menuntut tebusan sebesar $200.000 (sekitar $1.200.000 nilainya hari ini) untuk nyawa penumpangnya sebelum kabur dengan parasut di tengah perjalanan. Terukir dalam sejarah sebagai D.B. Cooper, identitasnya yang asli tidak pernah terungkap. Begitu juga dengan nasibnya setelah kejadian tersebut dan uang yang berhasil ia curi, membuat kasus ini satu-satunya kasus pembajakan pesawat komersil yang belum terungkap.

6. Zodiac Killer

Zodiac Killer

Dari akhir tahun 1960an sampai tahun 1970an, wilayah teluk San Francisco digegerkan oleh serangkaian pembunuhan yang dilakukan oleh seorang pembunuh berantai yang menamai dirinya Zodiac. Zodiac sudah memiliki sedikitnya 5 orang korban yang sudah terkonfirmasi, 2 percobaan pembunuhan yang gagal dan dia mengklaim bertanggung jawab atas 37 kasus. Tantangan yang dia berikan kepada pers dan polisi membuatnya semakin terkenal, khususnya surat rahasia bersandi dari Zodiac yang kebanyakan gagal dipecahkan. Setengah abad setelah rangkaian pembunuhannya, kasus zodiac masih belum terselesaikan. Bahkan, di beberapa kota, kasus ini masih aktif didalami.

Baca Juga  4 Tempat Menakjubkan Yang Sangat Rahasia

5. Takdir dari Amelia Earhart

Takdir dari Amelia Earhart

Berkat kasus kehilangannya yang terkenal, Amelia Earhart mungkin adalah salah satu pilot paling terkenal yang pernah terbang. Ketika dia mencoba mengelilingi dunia pada bulan Juli 1937, Earhart dan navigatornya Fred Noonan hilang di sekitar Pulau Howland di antara Papua Nugini dan Hawaii. Meskipun sudah banyak usaha pencarian yang dilakukan, baik mereka maupun pesawatnya tidak berhasil ditemukan. Penjelasan yang paling sering muncul adalah pesawat mereka kehabisan bahan bakar dan jatuh. Karena jarak penerbangan yang hampir mencapai jarak terbang maksimal pesawatnya, cukup masuk akal jika mereka melakukan pendaratan darurat di sebuah pulau dan pada akhirnya meninggal di pulau tersebut. Banyak teori untuk kasus ini, baik yang cukup liar maupun kredibel.

4. Sinyal Wow!

Sinyal Wow!

Proyek SETI didedikasikan untuk mencari informasi kehidupan di luar angkasa. Pada tanggal 15 Agustus 1977, seorang anggota SETI di teleskop radio Big Ear di Universitas Ohio State menangkap sebuah transmisi yang terdiri dari beberapa ledakan energi radio. Energi ini diperkirakan berasal dari konstelasi Sagitarius. Sinyal ini diberikan julukan Wow! signal, mengikuti catatan yang dibuat oleh si penemu sinyal tersebut. Beberapa percobaan dilakukan untuk menemukan kembali sinyal tersebut. Sayangnya tidak membuahkan hasil. Walaupun begitu, belum ada yang bisa membantah atau pun membuktikan asal sinyal tersebut. Jika alien memang ada dan mencoba menghubungi kita, ini adalah salah satu usaha terbaik mereka.

3. Penerbangan 370 Malaysia Airlines

Penerbangan 370 Malaysia Airlines

Penerbangan 370 Malaysia Airlines adalah sebuah penerbangan komersial yang akan membawa penumpangnya dari Malaysia ke China pada tanggal 8 Maret 2014. Saat berada di laut China Selatan, kontak dengan pesawat tersebut tiba-tiba saja hilang. Walaupun setelah itu jalur komunikasi masih belum bisa terbuka, namun sebuah radar pangkalan militer menangkap keberadaan 370 yang sedang menuju ke arah barat, bukan ke timur laut sesuai rute yang sudah dijadwalkan. Meskipun usaha pencarian besar-besaran sudah di lakukan dan beberapa puing yang potensial ditemukan tersapu ke pantai, 370 masih belum ditemukan hingga saat ini. Cukup banyak teori tentang hilangnya penerbangan 370 yang mulai bermunculan, diantaranya seperti dekompresi dan kemungkinan terjadi pembajakan. Dengan kecanggihan teknologi yang kita punya saat ini, hilangnya sebuah pesawat seharusnya tidak mungkin terjadi. Dan ini membuat kita semakin terheran-heran.

Baca Juga  10 Kematian Selebriti Yang Tidak Pernah Terpecahkan

2. Pembunuhan John F. Kennedy

Pembunuhan John F. Kennedy

Dallas, Texas, 22 November 1963, Presiden John F. Kennedy dibunuh saat tengah mengikuti parade mengelilingi kota. Itu adalah fakta yang sudah disetujui oleh semua orang. Tapi siapa, mengapa, dan bagaimana pembunuhan ini terjadi, masih meninggalkan banyak tanda tanya. Lee Harvey Oswold menjadi tersangka utama. Akan tetapi, Oswold dibunuh sebelum ia bisa menghadiri pengadilan dan pembunuhnya mati tak lama setelah itu. Banyak yang berspekulasi kalau Oswold tidak bergerak sendiri dan ada penembak kedua. Banyak konspirasi yang bermunculan terkait insiden ini. Bahkan, jumlah orang yang ada di dalam mobil JFk pada waktu itu masih menjadi tanda tanya.

1. Jack the Ripper

Jack the Ripper

Sudah banyak misteri tentang pembunuh berantai yang ada di era modern tapi tak satupun dari mereka yang bisa menyaingi popularitas Jack the Ripper. Pembunuhan yang terkait dengan the Ripper terjadi di tahun 1888, di distrik Whitechapel, London dengan perempuan prostitusi sebagai korban utamanya. Walaupun hanya 5 korban yang disetujui sebagai ulah dari the Ripper, beberapa pembunuhan yang terjadi selama 3 tahun selanjutnya diperkirakan sebagai ulah Jack the Ripper juga. Lebih dari 100 tersangka yang diindentifikasi sebagai sang pembunuh, tapi tak ada satupun yang tepat. Sejak saat itu, sosok Jack the Ripper mulai membuat publik tertarik. Walaupun bukan seseorang yang bisa melakukan perjalanan waktu, agak diragukan kalau kita bisa menangkap pelaku yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *